Alasan saya kenapa tidak lagi ngeblog dengan wordpress

December 15, 2018
unsplash.com

unsplash.com

OK, kali ini saya akan membahas sedikit tentang platform blogging. Kenapa sekarang saya memilih berpindah dari wordpress ke laravel.

Sebagai informasi buat temen - temen saat ini kegiatan saya memang lebih banyak fokus untuk blogging. Kebetulan saya mengelola beberapa blog saya yang lain yang berbahasa inggris.

Untuk blog - blog saya yang lain saya masih menggunakan wordpress, menurut saya untuk main adsense wordpress masih menjadi platform terbaiknya saat ini.

Akan tetapi untuk blog pribadi saya yang ini isinya lebih banyak tentang coding, android, web dan devops saya tidak memilih wordpress sebagai platformnya.

HACK

unsplash.com

unsplash.com

Ok alasan pertama adalah karena website saya yang sebelumnya kena hack. Ya, beberapa kali aku coba perang sama hacker, menurut penelusuran aku dia hacker ini dari rusia.

Setiap kali aku restore, aku tahan serangan dari hacker ini mereka sepertinya berkelompok. Selalu saja mereka dapati celah lagi. Entah kenapa sepertinya mereka berhasil pasang backdoor di server saya.

Nah karena pengetahuan saya dalam bidang security di wordpress agak kurang maka saya putuskan untuk berpindah platform menggunakan laravel.

Untuk laravel saya lebih paham, tentang security dan optimasi yang bisa dilakukan. Jadi karena ada hacking ini menjadi alasan paling pertama sih.

Sebenarnya masalah hacking ini sudah bisa saya tangani, akan tetapi capek kalau harus melawan hacker terus - terusan. Akhirnya saya putuskan pakai laravel saja.

MEDIUM

Nah buat kamu yang enggak tau medium, medium itu adalah sebuah platform social blogging. Kurang lebih sama kayak facebook tapi untuk penulis. Websitenya bisa kamu akses di medium.com. Awal saya mulai senang menulis adalah pada tahun 2016, dulu aku menulis tutorial nodejs dan ternyata tulisan itu dibaca banyak orang. Dan hal itu membuat aku semangat untuk menulis lagi.

Dan aku juga banyak menulis tutorial android, php, laravel, python, kotlin java dan segala hal tentang bahas pemrogramman yang aku tau. Dari situ aku pembaca yang cukup banyak.

Akan tetapi sayang sungguh sayang belum lama ini akun aku kena suspended oleh medium. Tulisan aku yang viral di medium itu tidak bisa di akses lagi. So, cukup menyebalkan sesungguhnya.

Tapi ya sudah aku tidak akan bahas kenapa medium aku di suspend yang paling utama menurut penelitianku medium sekarang membuat machine learning untuk filtering artikel yang masuk

Dan ternyata machine learning nya masih belum cukup akurat. Tapi nggak papa dari situ aku mendapat pelajaran kalau kita berada di tempat yang kita tidak bisa kotrol maka kita nggak bisa berbuat banyak.

Tapi salah satu yang saya suka di medium adalah editornya. Saya seneng banget dengan editor yang ada pada medium, dengan editor yang simple clean dan nggak banyak popup membuat saya menulis dengan nyaman.

Dengan editor di medium itu membuat saya menjadi lebih semangat untuk menulis rasanya. Akan tetapi saya sadar kalau saya masih terus di medium saya tidak memiliki kontrol yang banyak dengan tulisan saya.

WINK

Setelah kejadian webku kena hack dan aku medium aku kena suspended nggak sengaja muncul artikel dari laravel new tentang wink.

Sebuah package laravel yang berguna untuk membuat fitur blogging pada aplikasi laravel.

Yang paling saya suka dari wink ini adalah editornya, mirip sekali dengan editor dari medium.

Nah diatas itu adalah tampilan editor dari package Wink __ini. Simple clean dan fokus pada artikel. Dibuat dengan laravel dan VueJS oleh salah satu kontributor framework laravel.

Jadi akhirnya aku memutuskan untuk membuat blog dengan package ini. Dan hanya membutuhakan waktu yang singkat saja. Dan ini lah hasil dar

PROGRAMMER

Alasan terakhir saya berpindah dari wordpress adalah karena saya seorang programmer.

Yaps, melalui web pribadi ini bisa menjadi ajang berbagi, bereksperimen dan berkarya buat saya.

Saya sendiri bidang utamanya dalam programming adalah android developer. Akan tetapi tidak jarang saya itu handle pekerjaan backend mulai dari nodejs, python dan php.

Nah untuk itu saya butuh tempat untuk pemanasan lah kira - kira gitu ya. Jadi melalui blog pribadi ini saya gunakan untuk main - main dengan kerjaan backend.

Sebenarnya selain untuk menulis. Website ini saya juga gunakan untuk membuat tools untuk optimasi beberapa pekerjaan.

Saya lebih banyak bikin tools untuk internet marketing khususnya untuk blogger seperti optimasi seo, content agregator, blog post dan masih banyak yang lainya.

Intinya melalui web ini saya gunakan media untuk berkarya. Kalau saya masih pakai medium, pakai wordpress saya merasa kreatifitas saya akan terbatas.

Saya memilih laravel sebagai framework untuk pekerjaan saya itu karena mudah, simple dan cepat. Apa lagi hanya untuk blogging yang traffic nya nggak begitu besar ini cocok sekali menggunakan laravel.

Kesimpulan

Terimakasih kemarin buat mas Fariz yang sudah kasih saya saran untuk menulis alasan saya kenapa lebih memilih laravel untuk blogging.

Saya sekarang ini memang lebih banyak kegiatan blogging, dan pada blog ini hanya mengisi sela - sela dari kesibukan saya.

Untuk blog - blog saya yang lain yang saya gunakan untuk mencari duit saya masih menggunakan wordpress.

Menurut saya wordpress itu banyak sekali plugin yang membantu kita untuk optimasi web blog kita. Dan saya senang sekali dengan itu.

Akan tetapi untuk blog pribadi ini saya lebih memilih laravel dengan tambahan package Wink. Selain karena ini mudah dan simple, saya memiliki kontrol penuh pada website ini.

Nah kalau temen - temen yang ingin berpindah juga ke laravel silahkan. Mungkin next artikel saya akan bikin tutorial gimana caranya membuat blog dengan laravel.

Tapi jika kalian masih suka blogging dengan wordpress itu tidak masalah, saya juga masih pakai wordpress untuk blog saya yang lain.

Subscribe to My Newsletter

Thank you for your interest in my blog. Sign up to my newsletter to stay current on the latest news and information me and to be the first to see new blog posts.