Tips

Memperkecil Gambar Dengan FFMPEG

April 20, 2019

FFMPEG adalah sebuah aplikasi command line yang sangat terkenal untuk mengolah data video.

Akan tetapi selain untuk digunakan sebagai aplikasi pengolah video seperti mengconvert extension atau menambahkan watermark dan yang lain - lain yang berkaitan dengan video ternyata aplikasi ini bisa kita gunakan untuk mengolah file gambar.

Ada banyak operasi yang bisa di lakukan dengan sebuah file gambar, akan tetapi disini saya akan jelaskan satu jenis operasi yaitu untuk memperkecil file gambar.

Terkadang kita perlu melakukan operasi yang rumit ketika berurusan dengan pengolahan gambar, terutama buat para backend engineer.

FFMPEG ini bisa di jadikan alternative untuk mengatasi masalah itu. Dengan commandline simple berikut ini kita bisa memperkecil sebuah file gambar.

ffmpeg -y -i input.jpg -aspect 3:2 -vf "scale=500:-1" output.jpg

Untuk berapa ukuran yang pas kamu bisa bermain dengan nilai scale nya, pada contoh di atas saya menggunakan scale 500 kamu bisa ubah menjadi 300 atau 700 sesuaikan dengan ukuran yang kamu inginkan.

Ok mungkin segini aja tips singkatnya mudah - mudahan bermanfaat.

Subscribe to My Newsletter

Thank you for your interest in my blog. Sign up to my newsletter to stay current on the latest news and information me and to be the first to see new blog posts.