Motivasi Pasangan Hidup

Menjadi Suami Romantis? Hemm...

July 31, 2019

Ini pertama kali nya aku menulis tentang urusan rumah tangga, semoga istri nggak marah ya. Jangan marah ya istriku kalau ada rahasia rumahtangga yang terbongkar disini, tapi tenang aja ini yang baik - baik kok :D

Jadi beigini teman - temanku. Tulisan ini buat yang sudah menikah atau kamu yang mau menikah boleh juga, tapi buat kamu yang jomblo mungkin kurang cocok hehe, tapi tetep boleh baca sih.

Ok, mari kita mulai Menjadi Suami Romantis. Disini aku akan berbicara dari sudut pandang seorang suami ya, mungkin bisa salah. Akan tetapi ini adalah pengalaman yang aku praktikan kedalam keluarga kecilku.

Kamu yang mungkin sudah menikah kalian pasti mengalami satu masa dimana istrimu menagih sebuah keromantisan dari kita para suami.

Pada siutasi ini akan dua kondisi yang pertama sisuami yang salah dan yang kedua adalah si istri yang salah. Tapi tujuan tulisan ini bukan untuk mempersalahkan atara seorang suami atau istri. Akan tetapi gimana cara terbaik menhadapi situasi seperti ini sebagai seorang suami.

Jadi begini wajar dalam sebuah hubungan dua insan, akan ada diantara keduanya yang menagih keromantisan dari masing - masing nya.

Akan tetapi ada sudut pandang yang perlu diubah agar permasalahan ini nggak berujung kedalam situasi yang lebih buruk.

Jadi untuk menyamakan persepsi, disini romantis menurut pemahamanku adalah sebuah kegiatan yang dilakukan sebagai refleksi perasaan cinta kepada pasangan. Tujuan dari romantis ini adalah untuk menunjukan rasa cinta dan menyenangkan hati pasangan.

Romantis menurutku memiliki level yang berbeda - beda, dan penilaian nya setiap orang itu berbeda - beda. Beberapa orang menilai romantis itu berdasarkan upaya yang dilakukan. Misalkan ketika kamu mengajak dinner pasanganmu di puncak gunung itu romantis banget. Atau ketika kamu memberikan pasanganmu perhiasan mahal itu menurutmu tingkat romantisnya tinggi. Bebas saja untuk menilai.

Romantis itu yang paling penting adalah diberikan pada waktu yang tepat dan dilakukan dengan sungguh - sungguh sepenuh hati.

1. Ketika Istri Menuntut Romantis

Ketika seorang istri menuntut keromantisan seorang suami kepadanya ini biasanya muncul dalam dua kondisi, pertama ketika dia sedang bosan. Bosan dengan aktifitas keseharian nya, atau dengan kesibukan diantara keduanya. Intinya istri sedang merasa jarak dia dengan suami menjadi sangat jauh.

Dalam situasi ini ini biasanya, seorang suami nih sedang dalam situasi nyaman dengan kegiatan barunya, atau malah sedang dalam kondisi tertekan bisa mungkin karena pekerjaanya ataupun tanggung jawabnya yang lain.

Dalam kondisi ini tidak ada yang salah, keduanya dalam kondisi yang memang saling membutuhkan, yang istri membutuhkan sebuah kepastian bahwa suaminya beneran ada untuk dia. Yang suami membutuhkan waktu untuk fokus pada dirinya untuk saat itu.

Akan tetapi untuk kasus ini ada dua saran ku untuk kamu sebagai seorang suami. Untuk saran yang pertama, sebagai seorang suami sudah menjadi sebuah tanggung jawab untuk meyakinkan istrimu akan cintamu kepadanya.

Menjadi seorang suami itu tidak melulu mencari nafkah tugasnya, tanggung jawab suami terhadap istri itu lahir dan batin. Dalam situasi ini kamu harus memnuhi kebutuhan batinya, kadang orang mah kebutuhan batin itu bahasnya hanya urusan di atas kasur, padahal yang paling utama bukan itu.

Hati dan perasaanya harus kamu jaga agar tidak tidak rapuh tidak terluka. Apalagi sampai kelain hati bisa bahaya kalau gitu.

Tapi aku juga punya saran yang kedua nih untuk menghadapi masalah ini, dari sudut panda seorang suami. Terkadang memang kita tuh suka merasa sebel sama pasangan kita yang selalu menuntut kita begini dan begitu.

Tapi ya begitu lah gaes, istri selalu benar nggak bisa salah dia, mau nggak mau sebagai seorang suami apapun masalahnya harus diselesaikan secara lelaki.

Akan tetapi kita sebagai seorang suami kadang memang butuh waktu untuk menyendiri, it's okay to slow down sometime. Nikmatin waktu sendiri, menenangkan waktu untuk diri sendiri itu memang kebutuhan kita sebagai seorang lelaki. Tapi mungkin ada juga sih yang nggak seperti itu. Tapi buat kamu yang mungkin sama kayak aku ga papa seperti itu.

Akan tetapi kalau kamu lagi sebel sama pasangan kamu jangan sampai kamu cerita sama orang lain. Meskipun itu sahabat kamu, menurutku urusan percintaan itu urusan pribadi, jangan bawa - bawa teman kamu. Tapi kalau kamu nggak bisa kalau nggak cerita sama sahabat kamu, jangan terlalu detail ceritanya.

Akan tetapi jangan terlalu lama kamu sendiri, pasangan kamu butuh orang yang bisa membuat hatinya menjadi tenang ketika dia sedang gelisah. Setelah selesai dengan kerjaan atau kegiatan mu yang lain kamu harus kembali kepada istrimu dan buat hatinya senang kembali.

2. Ketika Suami Menuntut Romantis

Ternyata suami juga butuh di romantisin oleh istri. Memang menikah itu hubungan yang saling melengkapi, terkadang istri yang galau dan terkadang suami nya yang galau. Untuk itu harus sama - sama mengerti posisinya masing - masing.

Kamu seorang suami juga bisa meminta istri untuk romantis sama kamu. Akan tetapi untuk minta agar istrimu romantis itu ada caranya, setidaknya ini adalah cara yang aku lakukan.

Pertama kamu harus tau dulu apa sih yang bikin kamu seneng dari istrimu. Misalkan nih kamu paling seneng di rapiin bajunya ketika lagi mau berangkat kerja. Itu hal sepele sih cuman kadang hal sepele seperti itu bikin harimu berbunga - bunga.

Jadi seorang suami memang harus banyak mengalah, apa lagi kalau urusan hati seorang suami paling banyak kewajibanya untuk menghibur hati istrinya. Nah tapi ternyata kita juga perlu kasih tau ke istri apa yang kita butuhkan. Misalnya nih, kamu itu kalau lagi ada kerjaan tambahan di rumah kamu seneng banget kalau di buatin cemilan dan teh hangat untuk menemani kerja.

Untuk itu kamu ngomong aja tuh sama istri, akan tetapi lihat situasi dan kondisi apakah istrimu sedang sibuk jangan di gangu dulu kasian dia pasti kecapekan. Dan yang paling penting kamu mintanya juga dengan cara yang romantis juga. Misalnya nih.

Istriku yang cantik, ini kayaknya kerjaanku akan lebih cepet selesai kalau ditemani teh hangat buatan kamu yang paling enak sedunia. :)

Ya memang begitu lah kalau kamu pingin istrimu romantis sama kamu seorang suami harus memulainya duluan. Dan begitu lah nasib menjadi suami terima saja :D :D :D

Sebenernya kalau mau istrimu romantis sama kamu itu memang kunci adalah kamu romantis dulu deh sama dia, secara otomatis nanti dia bakalan romantis dengan sendirinya.

Tips Menjadi Romantis

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya kebanyakan orang menilai kalau menjadi romantis itu harus ngajak diner di restoran mahal dengan pernak - pernik yang meriah di restoranya. Atau memeberi hadiah perhiasan yang mahal harganya. Akan tetapi kalau kamu hanya seorang suami kere kayak aku sudah pasti nggak bisa jadi orang romantis kalau syaratnya seperti itu.

Menurut pengalaman pribadiku ternyata menjadi orang yang romantis itu nggak harus mahal. Kalau nggak percaya kamu bisa cek deh nih postingan istriku.

Dilan aja bisa aku kalahin tuh hehe. ( Istriku maaf ya aku bukan pamer ini, cuman ingin memotivasi teman - temanku :) aja).

Jadi ternyata kita bisa menjadi seorang yang romantis dengan cara yang sederhana. Nah apa aja sih yang bisa kamu lakukan ketika ingin menjadi seorang suami yang romantis.

1. Jujur

Sering nih kejadian, ingin jadi romantis tapi nggak jujur dengan diri sendiri, sehingga kamu harus menjadi orang palsu, pura - pura romantis. Misalnya nih kamu minta temen kamu untuk bikin puisi buat dia, padahal kamu nggak bisa buat puisi.

Atau apapun deh yang bukan dari kamu, perempuan itu nggak suka dengan seorang yang tidak jujur. Jujurlah ungkapkan dari hatimu apa yang ingin kamu sampaikan.

Misalnya kamu bilang kedia seperti ini:

Sayang aku itu kalau melihat kamu habis mandi udah pakai jilbab sore - sore itu aku sering deg - degkan tau. Di mata aku kamu terlihat seger dan cantikk banget dan bikin aku nggak pede untuk menatapmu.

Eh sori, kok aku malah kebawa suasana gini ya, tapi ya nggak papalah itu sebagai contoh ungkapan aku yg dari hati buat istriku. Semoga dia nggak marah ya aku tulis disini kata - katanya. Akan tetapi aku ingin menyampaikan hal yang jujur juga dalam tulisanku kali ini.

2. Kasih hadiah

Wah kalau yang satu ini sih wajib banget, tapi nggak harus selalu ya. Sesuaikan aja dengan kemampuan dompet kamu. Jadi dalam alquran wanita itu adalah perhiasan, bahkan perhiasan terbaik didunia itu adalah wanita solihah.

Memang meskipun wanita itu di ibaratkan perhiasan kita nggak perlu juga mengumbar perhiasan itu. Apa lagi di pajang - pajang. Cukup dinikmati aja sendiri, jadikan sebagai perhiasan yang limited edition, dimana cuman kita aja yang bisa memandanginya.

Nah oleh sebab itu wanita itu sifatnya adalah suka dengan perhiasan, so sesekali kamu perlu belikan dia perhiasan. Akan tetapi perhiasan itu menurut aku bukan sekedar emas atau permata ya.

Kalau buat aku perhiasan itu adalah barang yang akan membuat dia akan menjadi senang. Misalkan nih pasangan kita suka dengan buku binder nih, nah itu bisa di bilang juga sebuah perhiasan.

Atau kamu bisa diem - diem pesenin baju kesukaan dia lalu di kirim paketan. Kalau dia pasangan kamu merasa nggak pernah pesen barang yang di paketin tapi tiba - tiba ada paketan datang dan dia tau itu untuk dia. Pasti dia bakal seneng bukan kepalang tuh.

Atau kamu bisa buat juga perhiasan dengan versimu sendiri, misalnya nih bisa lukisan atau barang - barang yang sederhana yg unik penuh makna. Tidak melulu emas dan permata ya.

3. Membantu pekerjaanya

Pekerjaan rumah itu meski keliatanya sepele tapi kerjaan rumah itu seperti bersih - bersih nyuci dan lain - lain sebagainya bikin capek banget. Istrimu akan seneng banget kalau kamu mau membantu sebagian pekerjaanya itu.

Tapi terkadang ada juga sih perempuan yang dia malah mungkin tersinggung kalau di bantuin nyapu gitu, dikira hasil kerjaanya gak bener. Kalau untuk kasus seperti ini, kuncinya kamu harus sering - sering muji dia kalau hasil kerjaanya bagus.

Percaya deh, hal kecil yang mungkin sepele ini merupakan hal yang sangat penting untuk membangun hubungan pernikahan kalian.

Sama satu lagi, kadang ada tuh seorang istri yang seneng banget kalau dimasakin suaminya. Perlu tuh luangkan waktu di tengah kesibukanmu, untuk ngajakin dia kedapur kemudian ngobrol sambil kamu masakin dia. Wah itu manteb banget sih menurut aku.

Akan tetapi mungkin bagi beberapa perempuan dia nggak suka digituin. Tapi sudah menjadi kewajiban seorang suami untuk mengetahui apa yang sangat di inginkan oleh istrinya.

Jalan - jalan

Jalan - jalan nggak harus keluar negeri, atau ke tempat liburan yang jauh yang hingar bingar harga mahal. Karena sesungguhnya kebahagiaan itu murah. Nggak perlu mahal - mahal. Karena kalau mahal biasanya nggak bertahan lama.

Tempat yang bisa kamu tuju itu bermacam - macam sih nggak harus mahal. Misalnya warung bakso kesukaan istrimu. Atau tempat nongkrong yang nyaman untuk duduk berdua menikmati senja.

Tempat - tempat yang dekat itu akan lebih mudah untuk kamu datangi dibandingkan dengan dengan tempat mewah yang mahal. Mungkin kamu cuman bisa datangi setahun sekali.

Maka lebih baik datang ketempat yang bisa kamu datangin berkali - kali kapan aja. Mungkin diawal tempat itu biasa aja nggak ada yang spesial. Tapi kalau kamu sering datang kesana, maka semakin lama tempat yang mungkin sederhana itu bakalan jadi tempat yang spesial banget.

Sesekali boleh juga kamu mengajak pasangan kamu liburan keluar kota atau bahkan ke luar negeri. Yang paling penting adalah waktu bersama.

Jangan Sampai Begini

Kadang salah satu kesalahan fatal seorang istri atau suami adalah menuntut apa yang bukan seharusnya. Misalnya seorang suami nih menuntut istrinya untuk bisa seperti orang lain, harus begini dan harus begitu. Atau seorang istri yang selalu membandingkan suaminya dengan orang lain. Hal ini sangat fatal sekali sih.

Kamu suami harus berhenti melihat wanita lain, karena akan selalu ada yang lebih cantik lagi yang kamu lihat sekarang kamu nggak akan pernah puas kalau selalu saja melihat yang lain.

Untuk kamu istri please berhenti membahas suami orang lain, atau ngegosip apapun jagalah lisanmu. Terima suamimu apa adanya. Karena menikah itu harusnya saling melengkapi dan saling menutupi aib pasanganya.

Dan lagi seorang suami tanggung jawabmu besar untuk menjaga keutuhan rumah tangga mu. Perhatikan istrimu dengan sungguh - sungguh pastikan hatinya tidak terlukai.

Kesimpulan

Menjadi seorang suami yang romantis itu nggak harus mahal. Banyak sekali hal - hal sederhana disekitar mu yang sebenarnya itu bisa lakukan, untuk memupuk cinta antara kamu dan istri.

Di sekolahan nggak ada pelajaran bagaimana menjadi seorang suami yang romantis. Tapi perlu di ketahui banyak kejadian sebuah rumah tangga yang akhirnya bercerai itu karena seorang suami tidak bisa menjadi sosok yang romantis bagi istrinya. Atau seorang istri yang terlalu menuntut terhadap suaminya bahkan membanding - bandingkan nya dengan orang lain. Jangan sampai terjadi ya hal seperti itu.

Yang aku sampaikan disini sebenarnya adalah pengalaman pribadi, mungkin saja yang aku sampaikan tidak sesuai dengan kondisimu akan tetapi setidaknya kita sebagai seorang suami harus berusaha memahami apa yang di butuhkan oleh sorang istri.

Mudah - mudahan sedikit saranku ini bisa di terima dan bisa bermanfaat. Sampai ketemu pada tulisan - tulisanku yang lain.

Subscribe to My Newsletter

Thank you for your interest in my blog. Sign up to my newsletter to stay current on the latest news and information me and to be the first to see new blog posts.