Tips Motivation

Tips mengatasi rasa malas yang akut

July 06, 2019

Malas adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan bukan? Akan tetapi kegiatan itu adalah sebuah bom waktu bagi dirimu sendri. Dengan malas kehidupanmu tidak akan menjadi lebih baik.

Kebiasaan malas itu akan membuat dirimu tidak bisa berfikir positif dan bisa mengambil keputusan yang matang. Malas membuat kamu kurang pengetahuan sehingga kamu tidak bisa mengatasi masalah - masalah yang hadir dalam kehidupanmu.

Karena kebiasaan malas juga bisa membuat kamu bangkrut. Duh kalau di bahas satu persatu akibat dari kebiasaan malas ini sangat banyak sekali lah. Pokok nya dengan malas akan membuat hidupmu berantakan.

Akan tetapi saya ingin berbagi sedikit tips untuk mengatasi kebiasaan malas yang mungin kamu sering lakukan. Namun perlu diperhatikan mungkin setiap orang memiliki cara berbeda dalam menyikapi suatu keadaan mungkin tips ini ada yang cocok dan tidak cocok dengan kamu. So ambil yang baiknya aja untuk kamu.

Tips pertama sholat

Ok buat kamu yang tidak beragama muslim skip saja bagian ini. Tapi buat kamu saudara muslim, saya ingin menekankan untuk melakukan hal ini diawal. Jadi sebelum kamu memperbaiki masalah lain dalam kehidupanmu maka sebaiknya perbaiki dulu sholat kamu.

Coba deh lawan perasaan malas untuk berangkat sholat di masjid. Dan sholat di masjid atau mushola ini sangat saya sarankan. Kalau kamu sholat di rumah apalagi yang cowok ini adalah salah satu penyebab kamu menjadi orang yang malas.

Sholat adalah salah satu latihan dasar untuk menjadi seorang yang disiplin. Kalau kamu bisa disiplin dalam sholat berjamaah insyaallah untuk disiplin dalam hal lain bisa kamu lakukan dengan mudah.

Rubah cara berfikirmu

Salah satu kelakuan yang sangat WAJIB kamu hindari adalah menunda pekerjaan yang bisa kamu kerjakan saat ini. Misalnya nih, kamu hari ini mau nyuci baju eh tapi kamu ada kepikiran 'nanti ajalah kan baru satu baju aja yang kotor nunggu nanti udah ada 10 baju yang kotor' nah pikiran seperti ini sangat wajib kamu hindari.

Karena salah satu penyebab kamu menjadi tambah malas karena kamu menunda pekerjaan yang bisa kamu kerjakan sekarang. Karena setelah di tunda - tunda maka pekerjaanmu itu nanti akan menjadi menumpuk dan bikin malas untuk mengerjakan karena pekerjaan itu nanti akan terasa menjadi lebih berat.

Definisikan kegiatan menjadi beberapa bagian kecil

Kalau kamu mau bikin rumah tentu akan sangat rumit kalau kamu mau langsung bangun secara utuh. Mau mulai darimana akan sangat membingungkan kalau kamu tidak membagi - bagi apa saja yang akan kamu buat.

Melakukan pengelompokan pekerjaan menjadi beberapa bagian kecil ini akan sangat membantu kamu kalau kamu sedang berurusan dengan pekerjaan yang rumit.

Dengan membagi pekerjaan dalam beberapa bagian kecil akan membantu kamu untuk memilih pekerjaan mana yang menjadi prioritas untuk di kerjakan.

Sebagai contoh misalnya kamu ingin mempelajari ilmu baru nih, tentang ilmu matematika kamu bisa breakdown kegiatan belajar itu dalam beberapa bagian. Misalnya kamu mau pelajari ilmu trigonometri, mungkin kamu bisa membagi kegiatan belajar itu dalam 3 tahap. Sebagai contoh :

  1. Menyiapkan Sumber Materi ( Buku, Video Tutorial, Artikel ).
  2. Mempelajari materi diulang 3 kali.
  3. Mempraktikan materi ( mengimplementasikan rumus dsb ).

Dengan begitu kamu bisa mendefinisikan apa saja yang harus kamu lakukan, lebih baik lagi kamu membuat todolist. Hal ini bisa juga kamu lakukan untuk kerjaan kantor misalnya.

Ciptakan suasana nyaman

Menciptakan suasana nyaman ini sangat mempengaruhi mood kamu untuk melakukan kegiatan - kegitan yang ingin kamu lakukan. Misalnya nih kalau kamu ingin membaca, tentu kamu akan merasa lebih nyaman kalau kamu membaca ditempat yang bersih dan harum.

Hal ini biasanya meja kerjamu, di kamar atau di ruang tempat kamu beraktifitas. Cobalah untuk menjadi orang yang rajin untuk bersih - bersih. Dengan memupuk kebiasaan rajin bersih - bersih akan memacu kamu untuk tidak bermalas - malasan.

Kamu juga bisa melakukan perubahan dekorasi ruang kegiatan mu, misalnya mengubah posisi meja kerja, atau meja belajar. Atau mengganti parfum yang biasa kamu pakai, atau apapun yang membuat kamu tidak bosan. Suasana baru akan memicu semangat untuk melakukan banyak hal.

Buatlah pola berkegiatan

Kalau saya sendiri senang melakukan tehnik pomodoro dalam bekerja dan belajar. Karena kalau kita bekerja atau belajar itu berfikir keras maka kita perlu melakukan istirahat agar otak kita tidak terlalu lelah.

Akan tetapi terkadang memang kalau kita lagi in the zone ( lagi semangat banget ) malah metode pomodoro ini adang tidak cocok. Oh ya buat kamu yang nggak tau pomodoro tehnik adalah sebuah pola melakukan kegiatan dengan jeda waktu 20 menit sibuk dan 5 menit istirahat. Kalau kamau tertarik lebih detail baca disini.

Misalnya nih, kamu lagi belajar setiap 20 menit sekali kamu akan istirahat 5 menit. Jadi kamu tidak terlalu pusing mikir. Atau kamu bisa lakukan pola kegiatan yang lain yang cocok dengan kamu. Intinya kamu harus sering - sering istirahat agar energimu terkuras habis dengan cepat.

Jangan terburu - buru

Hal ini adalah salah satu penyebab kamu malas untuk melakukan sebuah kegiatan, kamu maunya dapet hasil yang instan. Misalnya kamu mau mempelajari sesuatu terus kamu membaca sebuah buku terus kamu berharap sudah paham semuanya. Maka hal ini adalah sebuah keniscayaan yang fana.

Misalnya nih kamu akan mengerjakan sebuah kegiatan, katakanlah belajar main gitar. Kamu melihat tutorial di youtube misalnya tuh, terus hanya karena mengikuti satu video tutorial terus kamu udah bisa mian gitar seperti pemain profesional. Maka hal itu tidak akan terjadi. Makanya karena kamu berharap langsung bisa itu adalah sebuah kesalahan.

Lakukanlah kegiatan itu secara bertahap teliti dan disiplin. Jangan langsung berharap hasilnya secara instan. Yang penting kamu membuat pekembangan dan lakukan terus menerus.

Jaga kondisi kesehatan

Kalau kamu dalam kondisi sakit kamu tidak akan punya cukup energi untuk melakukan banyak hal. Misalnya nih kamu lagi flu nih, tentu beda rasanya saat kamu sedang sehat melakukan kegiatan saat sehat akan lebih semangat.

Memang sakit itu datangnya tidak tau kapan, dan sakit melanda kita itu diluar kekuasaan kita. Akan tetapi sakit yang kamu derita itu rata - rata akibat dirimu sendiri, mulai karena memakan makanan yang tidak sehat, kurang olah raga, pola tidur yang tidak teratur dan masih banyak hal yang lainya.

Percayalah dengan dirimu sendiri

Mungkin kamu kadang memandang dunia ini dengan sudut pandang dirimu saja, kadang kamu memandang banyak hal itu rumit. Kamu mungkin tidak percaya bahwa kamu bisa melakukan ini dan itu.

Memang kita tidak bisa mengerjakan banyak hal, akan tetapi setiap orang itu memiliki keahlianya masing - masing. Makanya dari itu kamu harus mencoba untuk mencoba banyak hal sampai kamu menemukan apa yang sangat cocok untuk kamu.

Misalnya nih ada sebuah lowongan pekerjaan yang membutuhkan persyaratan yang diluar batas kemampuan kamu. Lalu karena kamu merasa tidak memnuhi persyaratan kamu tidak mau mencoba pekerjaan itu.

Atau kamu pingin bisnis nih, cuman kamu takut tidak bisa jualan lah nggak punya kenalanlah nggak punya modal lah dan masih banyak alasan lainya lah. Maka hal itu harus menyingkirkan semua hal itu.

Kalau kamu terlalu banyak alasan maka pada akhirnya kamu tidak melakukan hal apa - apa dan akhirnya kamu tidak bisa apa - apa kacaulah hidupmu. Percayalah dengan dirimu sendiri diawal akan terlihat mustahil sampai ternyata kamu sudah melakukanya.

Selesai lebih baik dari pada sempurna

Kadang kalau kamu ingin melakukan sesuatu kamu ingin melakukanya dengan sempurna sehingga kamu berfikir terlalu rumit. Dengan begitu kamu tidak mendapatkan hasil dengan segera sehingga kamu akan patah semangat karena kamu tidak kunjung menyelesaikanya.

Misalnya nih kamu ingin membuat sesuatu katakanlah sebuah karya tulisan bisa proposal atau tugas sekolah atau kuliah. Jangan langsung berfikir terlalu rumit, tulis aja apa yang ada didfikiran kamu dibarengi dengan riset materi dengan cukup. Dan seslesaikan dulu masalah sempurna itu tidak diawal.

Sama seperti belajar berjalan diawal kamu belajar kamu nggak akan langsung bisa berjalan dengan sempurna kamu akan terjatuh diawal, tapi semakin lama kamu akan semakin bisa. Yang penting lakukan dengan tuntas dan segera.

Jangan bicara masalah

Ini rasanya salah satu hal yang sulit untuk dilakukan, setiap orang tentu banyak masalah tapi tidak seharusnya masalah kamu diumbar - umbar. Kamu harus bijak dalam menyikapi setiap masalah, jangan kamu menceritakan masalah - masalah kamu itu kesetiap orang yang kamu temui. Apa lagi kamu bicara di media sosial.

Kalau pun kamu ingin berbicara masalah yang sedang kamu alami cobalah menggunakan kata - kata yang terkesan tidak mengeluh. Misalnya nih kamu lagi nggak punya duit akan lebih baik kalau kamu ngomong gini sama temen mu "Wah aku lagi nggak pegang cash nih." dibanding kamu bilang "Wah gua lagi bokek nih nggak punya duit".

Belajar lah bersyukur

Kamu harus sering - sering melihat kebawah, liat lah orang - orang yang tidak seberuntung kamu sehingga kamu tidak jadi orang yang suka mengeluh. Lihatlah orang yang kondisi fisik nya tidak seperti kamu, misalnya mereka yang tidak bisa melihat tapi mereka semangat untuk belajar banyak hal.

Fikirlah apa pertanggung jawabanmu terhadap sang pencipta jika kamu di beri begitu banyak nikmat kondisi fisik lalu hanya kamu gunakan untuk bermalas - malasan.

Belajarlah senang membaca

Saya sendiri dulu adalah orang yang sangat tidak menyukai kegiatan membaca, akan tetapi salah satu titik perubahan dalam hidup saat itu karena saya mencoba untuk membaca.

Membaca bisa apa saja, saya dulu buku yang pertama kali saya baca adalah novel. Membaca novel ini nggak perlu mikir berat tidak seperti membaca buku matematika. Sangat bagus untuk dijadikan bahan untuk terbiasa berlama - lama dengan buku.

Membaca ini sangat penting banget, dengan membaca kamu akan mendapat banyak informasi dan pengetahuan yang banyak. Dengan pengetahuan yang banyak kan membuat kamu bisa melakukan kegiatan - kegiatan mu dengan lebih efektif.

Berdoa lah

Masih banyak yang ingin saya sampaikan akan tetapi sudahlah intinya penyebab kamu malas itu karena dirimu sendiri. Mengatasi malas itu ya dilawan. Malas mandi ya dilawan lah paksain mandi. Atau malas - malas yang lainya itu harus kamu lawan.

Setan akan terus membisiki kamu untuk menjadi orang yang malas, maka kita perlu berdoa agar bisa melawan bisikan setan untuk menjadi orang yang malas.

Mungkin segini sajalah dulu, saya sendiri juga tidak mengklain bahwa saya orang yang malas, saya memang kadang masih malas, tapi jika rasa malas itu datang maka yang saya lakukan adalah hal - hal diatas.

Maaf jika mungkin ada kata - kata yang membuat kamu tersinggung tapi ya intinya marilah kita sama - sama melawan rasa malas. Mau jadi seperti apa bangsa kita kalau anak mudanya pada bermalas - malasan terus.

Subscribe to My Newsletter

Thank you for your interest in my blog. Sign up to my newsletter to stay current on the latest news and information me and to be the first to see new blog posts.