Gunakan 3 web ini untuk mengecek plagiarisme karya tulisan

undefined

Dalam era perkembangan teknologi yang cepat saat ini, semakin mudah informasi di dapatkan oleh setiap orang. Banyak sekali informasi - informasi yang menarik dan bermanfaat. Salah satu informasi itu adalah berupa tulisan atau artikel pada sebuah web.

Kita tidak boleh sembarangan menulis ulang atau copy paste tulisan - tulisan tanpa seizin pemilik karya tulisan itu. Nah berikut ini adalah kumpulan web yang bisa kamu gunakan untuk melihat apakah tulisan kita itu copas atau tidak.

Buat kamu para blogger bisa digunakan untuk mengecek juga apakah artikel yang sudah kamu tulis itu sudah unik atau belum. Dengan keunikan artikel yang kamu buat akan membantu blog kamu di rank lebih baik oleh google.

Quetext

undefined

Dengan quetext ini kamu bisa dengan mudah untuk mengecek apakah tulisan yang kamu buat atau yang kamu temukan itu sebuah hasil copas atau bukan.

Kalau kamu sebagai seorang blogger tool ini bisa kamu gunakan untuk mengetahui apakah tulisanmu sudah unik atau belum.

Untuk mengecek tulisan pada quetext ini minimal kamu harus memasukkan 20 kata atau lebih. Kamu juga bisa mengupload dokumen text atau pdf untuk menganalisis plagiarisme.

Tool quetext ini kamu bisa gunakan secara gratis akan tetapi kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi kamu bisa menggunakan versi pro nya.

Copyscape

undefined

Copyscape ini adalah tool untuk check plagiarisme yang sangat cocok untuk digunakan untuk melihat apakah artikel pada suatu website itu hasil copas atau bukan.

Konsep yang dilakukan untuk mengecek plagiarisme pada Copyscape ini adalah mengumpulkan data yang di urutkan pada publish datenya. Jadi yang publish lebih dulu dianggap sebagai sumber artikelnya.

Copyscape ini adalah mesin pencari untuk artikel yang copy paste. Tool ini juga cocok digunakan untuk mencari orang - orang yang mengcopy paste tulisanmu.

Plagscan

undefined

Konsep website plagiarism checker pada dasarnya sama dengan website yang kita bahas sebelumnya.

Akan tetapi pada plagscan ini terdapat banyak pilihan untuk input source dari tulisan atau artikel yang ingin kamu cek plagiarisme nya.

Akan tetapi untuk website satu ini fokusnya adalah pada dokumen. Jadi misalkan kamu ingin mengecek sebuah ebook atau file text yang lainya sangat cocok untuk menggunakan web ini.

Untuk plagscan ini ada versi gratisnya untuk mencoba - coba, kalau kamu cocok dengan fiturnya maka kamu bisa beli yang versi berbayarnya.

Masih ada banyak web - web yang tersedia untuk mengecek plagiarisme, akan tetapi saya sendiri lebih sering menggunakan 3 web diatas. Nah sekian informasinya semoga bermanfaat.