Bagaimana Cara Menulis Blog Post Dalam Waktu 30 Menit

Menulis blog post ini sangat memberikan banyak manfaat, saya sendiri sudah merasakan banyak sekali manfaatnya. Nah ini saya ada cerita menarik.

Sebelum saya memulai ahmadrosid.com ini saya adalah seorang programmer, kerjaan seorang programmer adalah menulis, tapi tulisan seorang programmer itu tidak bisa di baca oleh orang, so ahirnya saya mencoba untuk melebarkan karir saya yang bukan hanya seorang programmer tapi juga seorang penulis.

Karna waktu saya yang terbatas ahirnya saya memutuskan hanya akan menulis artikel blog saja, pada saat itu saya memilih platform medium.com sebagai media saya menulis. Pada saat itu saya menulis informasi tentang pemrogramman.

Nah,,, dulu saya pernah mendapatkan pekerjaan atau project yang bernilai 15jt yang mana project itu bisa saya selesaikan dalam waktu seminggu ditengah kesibukan saya mengerjakan pekerjaan utama saya. Orang itu menawarkan project tersebut kepada saya karena saya menulis artikel yang berkaitan dengan project yang ingin dia buat.

Saya benar – benar tidak menyangksa sekali akan mendapatkan job itu yang saya pikir hal itu simple dan bisa di kerjakan orang lain.

Sekarang ini saya melebarkan lagi karir kepenulisan saya di dunia blogging dengan menulis artikel blog berbahasa inggris dan bukan berkaitan dengan programming. So berikut ini saya akan bagikan ke teman – teman tehnik yang saya gunakan dalam menulis blog post dengan mudah.

Sebelum menulis blog post pastikan kamu menjawab beberapa pertanyaan dibawah ini agar kamu mendapatkan gambaran tentang blog post yang akan kamu tulis.

1. Pertanyaan apa yang kira – kira pembaca miliki tentang topik yang akan kamu bahas?

Paling tidak kamu cari 5 pertanyaan tentang topik ini, pilih lah pertanyaan – pertanyaan yang umum sehingga blog post kamu mencakup banyak pembaca.

JIka kamu tidak yakin akan pertanyaan dari pembaca tentang topik yang akan kamu bahas kamu bisa tanyakan di instagram, facebook atau media sosial lainya yang mungkin di situ ada orang yang tertarik akan topik yang akan kamu bahas.

Ketika kamu dapatkan pertanyaan maka coba kamu jawab, tuliskan beberapa catatan kecil tentang bagaimana kamu akan menjawab pertanyaan tersebut.

Seorang blogger yang baik menulis tentang hal yang mereka ketahui, jadi ketika kamu kesulitan dengan pertanyaan yang sudah kamu dapatkan mungkin kamu bisa mencoba mencari topik lain yang dirasa kamu sangat menguasai akan topik tersebut.

2. Apa cara termudah untuk memahami intisari dari permasalah atau topik yang kamu pilih?

Setelah kamu tahu hal apa yang akan kamu tulis, kamu perlu mencari tau cara terbaik untuk membagikan informasi tersebut.

Untuk informasi yang berbeda akan lebih baik kamu paparkan dalam format yang berbeda, berikut ini adalah contoh beberapa format yang bisa kamu gunakan.

  • Daftar bernomor
  • Gambar dan grafik
  • Cerita dan Quotes

Sangat penting untuk menentukan format dari tulisan kamu agar pembaca dapat informasi yang terbaik dari blog post kamu.

Sebagai contoh kamu akan menulis tutorial tentang “bagaiman cara ….” akan lebih baik kamu buat dalam bentuk bernomor untuk membahas setiap langkah – langkah dari bahasan topik tersebut.

3. Bagaimana saya bisa menarik orang?

Kesalahan terbesar adalah ketika kamu membuat pembukaan dari blog post kamu dengan pembahasan yang membosakan. Pembukaan yang menarik akan sangat berpengaruh akan minat pembaca akan tulisan kamu.

Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa melakukan tiga tahapan berikut ini untuk membuat pengantar yang menarik.

  • Bagikan cerita yang berkaitan dengan topik bahasan kamu.
  • Gunakan grafik + statistik untuk memberitahukan transformasi sebelum dan sesudah
  • Bagikan kutipan, testimoni atau cerita sukses.

Pikirkan tentang apa yang membuat pembaca ingin tetap membaca tulisan kamu. Kamu juga bisa baca blogger yang kamu suka tentang bagaimana dia memberikan pengatar dalam setiap blog post nya.

4. Apa pesan yang bisa di ambil?

Apa pesan utama yang menyeluruh yang ingin kamu sampaikan ke pembaca ketika dia selesai membaca tulisan blog kamu.

Memutuskan pesan apa yang akan kamu sampaikan sebelum kamu menuliskan akan membantu kamu mempermudah proses menulisnya.

Jika kamu sudah tau apa tujuan nya sebelum memulai akan membuat kamu mudah untuk memulainya.

Pesan yang kamu sampaikan harus sesuatu yang sederhana, mudah di ingat dan membekas di fikiran mereka.

Kamu juga bisa pertegas pesan yang ingin kamu sampaikan pada pembahasan kesimpulan dari tulisan yang kamu buat.

5. Bagaimana saya bisa memberikan nilai lebih?

Yang terakhir, dan juga yang paling penting adalah apa yang bisa kamu berikan sehingga tulisan kamu memberikan nilai lebih.

Sebelum kamu memulai untuk menulis kamu bisa fikirkan beberapa hal berikut ini untuk membuat tulisan kamu memiliki nilai lebih. Hal berikut ini bisa kamu tambahkan dalam blog post kamu.

  • E-Couse ( Kursus Elektronik, berupa video misalnya)
  • E-Book ( Buku Elektronik, seperti pdf)
  • Atau apapun yang menurut kamu akan menjadi nilai lebih yang bisa kamu berikan

Setelah kamu tuliskan jawaban dari 5 pertanyaan di atas maka proses menulis kamu akan semakin mudah untuk di lakukan. Kamu bisa mengambil contoh dari tulisan ini saya membuatnya kurang dari 30 menit.

Untuk meringkas bahasan kita ini kamu bisa perhatikan poin berikut ini.

  1. Tarik pembaca dengan pembukaan yang menarik
  2. Jawab pertanyaan dari topik di tengan blog post kamu
  3. Pilih format penyajian informasinya
  4. Nyatakan kembali pesan anda secara tegas pada paragrap terakhir
  5. Berikan nilai lebih, seperti memberikan sesuatu gratis

Mudah – mudahan informasi ini bermanfaat buat kamu dan jangan lupa langsung beraksi ya, jangan di tunda lagi, semakin sering kamu menulis akan semakin terasah kemampuan menulis kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *