Pengenalan Docker dan Teknologi Container

Dari dulu perangkat lunak diciptakan tujuanya adalah untuk membantu manusia untuk mempermudah dalam pekerjaannya, nah pada zaman saat ini banyak sekali software-software yang bisa kita gunakan untuk mempermudah kehidupan kita.

Begitu juga software-software yang terkait dengan programmer yang mana programmer atau pembuat software juga bisa menggunakan software untuk membantu mempermudah pekerjaan mereka. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang teknologi kontainer dan juga Sebuah software yang bernama docker yang biasa di gunakan oleh programmer untuk mempermudah pekerjaanya.

Teknologi Container

Teknologi kontainer atau juga sering dikenal dengan kontainer adalah sebuah teknologi baru dalam dunia programming atau pengembangan perangkat lunak. Teknologi kontainer Ini adalah sebuah metode untuk mengumpulkan menjadi satu beberapa software-software untuk keperluan pembuatan software tertentu.

Keuntungan kita menggunakan teknologi kontainer ini adalah contohnya dalam pembuatan aplikasi website misalnya. Dalam pembuatan aplikasi website ini kita membutuhkan beberapa software seperti kalau pada umumnya kita membutuhkan PHP, Kemudian untuk database kita membutuhkan MYSQL/ Kemudian untuk keperluan optimasi website seperti kita butuh redis dan banyak software-software yang lainnya yang mana ini akan membutuhkan banyak waktu kita untuk menginstal software software tersebut .

Jadi software pendukung untuk pembuatan website itu cukup banyak. Hal ini mengakibatkan kita membutuhkan banyak waktu dalam menginstalnya bisa Di bisa dihitung hitung kalau kita menginstal software server tersebut membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 jam apalagi kalau koneksi internet kita cukup lambat.

Tujuan teknologi kontainer ini adalah untuk memecahkan permasalahan ini yang mana ketika kita akan membuat sebuah website yang membutuhkan teknologi teknologi lainnya seperti PHP, MySQL dan lain-lainnya tadi itu bisa dilakukan dengan cepat dan mudah dan ketika menggunakan teknologi konten ini proses dalam mengumpulkan atau menjadikan satu software-software tadi itu menjadi mudah dan cepat dan ketika aplikasi ini dijalankan pada komputer yang berbeda akan tetap menggunakan software yang sama dan proses instalasinya juga cukup cepat.

Docker

Apa itu docker? Docker adalah sebuah software yang bisa kita gunakan untuk mengimplementasikan teknologi kontainer untuk membantu kita menyiapkan tools – tools atau software – software pendukung ketika kita mengembangkan sebuah aplikasi tertentu.

Jadi kalau teknologi kontainer itu tadi kita sudah di atas untuk mempermudah kita dalam mengembangkan aplikasi maka teknologi kontainer itu bisa kita implementasikan atau kita jalankan dengan menggunakan software yang bernama docker.

Docker sendiri adalah sebuah aplikasi yang berbasis open source atau dengan sumber kode terbuka yang mana jika kita ingin berkontribusi dalam mengembangkan aplikasi docker ini kita bisa menambahkan kode kita atau kita bisa membuat versi kita sendiri untuk didistribusikan kembali.

Docker juga memiliki versi berbayarnya yang di mana Nanti di sini banyak keuntungannya seperti kita bisa menambahkan beberapa kontainer kontainer yang tidak tersedia dockerhub itu jadi nanti ada yang namanya dockerhub atau kumpulan repository atau data-data kontainer dalam dokter yang bisa diakses secara luas oleh semua orang.

Docker ini juga sebenarnya adalah sebuah nama brand dari perusahaan yang mengembangkan aplikasi yang juga bernama docker itu sendiri.

Ok untuk pembahasan dokter dan teknologi kontainer saat ini kita cukup kan sampai sekarang lu selanjutnya kita akan membahas Bagaimana cara menggunakan docker itu.  berikut ini saya buatkan contoh atau pembahasan docker secara basic atau dasarnya dan mudah-mudahan ini nanti bisa teman-teman gunakan untuk memulai mempelajari itu sendiri.

Terima kasih telah mampir di blog saya sampai berjumpa lagi pada tutorial-tutorial yang berhubungan dengan pemrograman yang lainnya Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman yang lain jika merasa mendapatkan manfaat dari artikel ini Terima kasih dan sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *