Programmer Pemula di bully!! Kenapa?

Beberapa waktu yang lalu saya membaca sebuah postingan di facebook yang intinya adalah seorang programmer pemula yang curhat karena dia di bully oleh programmer yang senior ketika berdiskusi di forum. Komentarnya pun juga banyak yang positif dan juga lucu – lucu. Nah pada tulisan ini saya akan sedikit memberikan pembahasan mengenai pembulian – pembulian yang di alami oleh para programmer pemula ini.

Programmer Pemula

Menjadi seorang programmer pemula tentu akan mengalami kebingungan yang sangat membingungkan sekali. Bahkah tulisan ini pun sangat membingungkan bukan? Ok kembali ke topik, programmer pemula adalah salah satu masa yang pasti di lalui oleh semua orang yang memutuskan untuk menjadi seorang programmer. Pada masa ini pula mental sebagai seorang programmer akan di bentuk dan juga di uji, bagi yang tidak kuat maka saya sarankan anda untuk mencari hal lain untuk di dalami.

Saat menjadi programmer pemula itulah yang menjadi penentu akan karir yang akan anda dapati di masa yang akan datang. Profesi sebagai programmer pun juga memiliki banyak sekali bidang, ada bidang bahasa pemrogramman, ada bidang projek open source, ada bidang – bidang lainya.

Akan tetapi banyak sekali programmer pemula yang tidak bisa melanjutkan jenjang karirnya di dunia pemrogramman karena dia tidak bisa melewati masa – masanya sebagai programmer pemula. Alhamdulillah saya ini baru tiga tahun setengah menjalani atau menekuni dunia pemrogramman dan sekarang sudah menguasai 5 bahasa pemrogramman, menjalankan satu startup dan juga membuat beberapa project open source. Berikut ini saya akan bahas hal – hal yang saya lakukan pada saat saya menjadi seorang programmer pemula yang mungkin bisa sedikit menambah wawasan anda yang ingin mendalami dunia pemrogramman.

Metode Belajar

Salah satu hal yang perlu di perhatikan adalah metode belajar yang akan kamu pilih untuk mendalami dunia pemgrogramman. Setiap orang tentu akan memiliki caranya masing – masing untuk mampu memahami satu hal tertentu. Seperti halnya saya suka metode belajar yang langsung study case, membongkar project open source untuk di buat ulang dengan implementasi yang berbeda. Akan tetapi mungkin kamu juga bisa memilih metode belajar yang mungkin belajar secara terurut dan ter strukur dan detail. Dan banyak sekali metode belajar yang bisa digunakan nah untuk hal ini kamu silahkan pilih mana metode yang paling pas.

Setelah memutuskan metode belajar yang pas maka kamu akan mudah untuk melangkah ke fase selanjutnya. Terkadang yang membuat orang kesulitan mempelajari sesuatu adalah karena tidak memilih metode belajar yang paling dia sukai akibatnya yang terjadi adalah kesusahan dan kebingungan yang terus menerus. Jadi mulai sekarang jika ingin memulai belajar sesuatu kamu sudah tahu hal apa yang akan di lakukan untuk memulai belajar.

Tehnik Googling

Tehnik googling adalah salah satu skill yang perlu atau wajib kamu kuasai di jaman sekarang ini. Kebanyakan orang menggunakan google tapi masih belum menggunakan nya secara maksimal. Kebanyakan seorang pemula akan bertanya pada forum – forum tanpa melakukan googling secara benar sehingga terkadang pertanyaan konyol di tanyakan yang mengakibatkan pembulian itu terjadi. Nah berikut ini saya berikan sedikit tehnik yang bisa kamu gunakan untuk googling hal – hal yang berkaitan dengan programming.

Object + Verb + Programming Language

Diatas adalah rumus yang bisa kamu gunakan untuk melakukan googling akan hal – hal yang kamu cari. Misalkan kamu adalah seorang programmer yang benar – benar pemula dan masih belum tau itu pemrogramman kotlin kamu bisa lakukan searching seperti ini.

How to program with kotlin

Atau yang paling penting kalau kamu mau tau sesuatu selalu sertakan bahasa pemrogramman yang sedang kamu pelajari di ahir keyword yang kamu ketik.

Rajin Baca

Buat kamu seorang penuntut ilmu hal ini wajib kamu lakukan, kalau kamu tidak suka membaca kamu harus mulai berlatih. Bagaimana cara melatihnya? Itu tergantung orang – orang, kalau saya dulu membiasakan membaca dengan cara menulis. Kamu mungkin orangย  yang berbeda dengan saya maka segera temukan metode berlatih membaca yang sesuai dengan kamu.

Membaca adalah pintu ilmu pengetahuan.

Menjadi seorang programmer sejatinya adalah seorang penulis juga, maka jangan sampai kamu tidak mau membaca. Karena dengan menjadi penulis mau tidak mau kamu harus menjadi pembaca minimal membaca tulisanmu sendiri.

Belajar Dengan Vidio

Saya sendiri di awal – awal juga bingung ngoding itu gimana? bla bla bla… Dan begitu banyak sekali pertanyaan – pertanyaan sepele itu. Terkadang bagi seorang pemula membaca tidaklah cukup untuk mendapat pengetahuan untuk memulai coding. Apalagi jika membaca buku yang itu diperuntukkan kelas intermediate yang banyak sekali istilah – istilah alien pada buku tersebut.

Nah dengan vidio ini menjadi salah satu solusi untuk permasalahan ini. Pada tutorial berbentuk vidio kita akan mendapatkan penjelasan yang lebih jelas dibanding dengan tulisan artikel atau buku. Belajar dengan vidio ini juga cukup cocok digunakan metode belajar bagi programmer pemula.

Buat Program Hello World

Apa itu program hello world? Program hello world adalah sebuah program yang sangat simple, yang dimana fungsinya adalah menampilkan tulisa “Hello World”.Rata – rata semua programmer yang ada di jagat raya ini ketika pertama kali belajar pemrogramman pasti akan belajar membuat program hello world.

Belajar Bahasa Inggris

Bahasa inggris adalah wajib hukukmnya untuk di pelajari bagi kamu yang ingin menjadi programmer. Bahasa pemrogramman memang tidak semuanya di buat oleh orang inggris, akan tetapi orang yang membuat bahasa pemrogramman pasti menggunakan bahasa inggris untuk membuat dokumentasi dari bahasa pemrogramman tersebut.

Berikut ini beberapa aktifitas yang bisa kamu lakukan untuk mempelajari bahasa inggris :

  1. Mentranslate Tulisan Berbahsa Inggris
  2. Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris
  3. Menonton Film Berbahasa Inggris
  4. Mencatat Vocabulari Harian
  5. Belajar Setiap Hari

Belajar memang tidak ada yang mudah karenan memang kita mempelajari hal yang tidak kita tahu. Untuk itu berlatih terus menerus itu yang harus kamu lakukan.

Jangan Bertanya

Pembahasan seluruh artikel ini adalah tentang bagaimana cara agar kamu tidak di bully di forum programmer. Yak jawabanya adalah kamu jangan bertanya di forum biar nggak kena bully, Gimana? mudahkan caranya :D.

Kebanyakan dari para programmer pemula kebanyakan bertanya dan itu wajar saya juga dulu gitu saya banyak bertanya, tapi beruntungnya saya adalah orang yang tidak berani bertanya jadinya saya tidak mengalami pembullian di forum – forum.

Jadi gimana solusinya kalau tidak bertanya? Ya sebenarnya bukan kita tidak bertanya sama sekali akan tetapi yang saya maksud disini adalah jangan bertanya kalau kamu belum mencoba mencari solusi dari permasalahan yang sedang kamu hadapi. Permasalahan tentang hal yang sedang kamu pelajari tentu sudah banyak di bahas di stackoverflow, quora, github dan forum – forum besar lainya, jadi kalau kamu apa – apa langsung bertanya itu tandanya kamu tidak ada usahanya untuk mencari solusi dari permasalahan yang sedang kamu hadapi.

Membudayakan tidak banyak bertanya itu cukup penting menurut saya, karena kalaupun kamu bertanya kepada seseorang di internet kadang juga tidak akan mendapatkan jawaban langsung, dimana itu cukup menyita waktu. Dalam hal lain ketika kita menghadapi error ketika membuat aplikasi atau saat coding itu akan kita alami setiap hari, dimana jika kamu selalu bertanya di forum ketika mengalami error kapan kamu berkembang.

Tentu pada suatu kondisi kamu memang akan mengalami situasi yang memang sudah buntu dan tidak tau lagi bagaimana caranya. Nah untuk masalah ini solusinya adalah juga jangan langsung bertanya, terkadang kita itu mengalami macet dalam coding itu karena fikiran kita belum jernih. Jadi sebaiknya kalau kamu merasa sudah mentok mending istirahat keluar rumah segarkan fikiran..

Untuk merefresh otak kamu bisa melakukan hal – hal berikut ini :

  1. Mandi ( Biar otak dingin ๐Ÿ™‚ )
  2. Tidur ( Udah malem tidur dulu )
  3. Berjalan – jalan ( Olahraga itu penting )
  4. Main gitar atau alat musik lainya ( Kalau kamu musisi )
  5. Bercengkrama dengan istri ( Kusus buat yang sudah nggak jomblo ๐Ÿ˜€ )
  6. Main dengan anak ( Yang belum punya berdoa dulu yaย ๐Ÿ™‚ )
  7. Membersihkan rumah atau ruang belajar ( Kebersihan sebagian dari iman )
  8. Datang ke acara nikahan ( Buat kamu yang jomblo biar segera dapet jodoh ya ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ )
  9. Intinya lakukan sesuatu yang tidak membuat kamu mikir biar otak nya istirahat

Menjadi seorang programmer itu adalah menjadi seseorang yang bisa memberikan solusi akan suatu permasalahan tertentu dengan menggunakan teknologi. Nah kalau kamu apa – apa langsung tanya sama orang gimana kamu bisa memberikan solusi sedangkan masalahmu sendiri kamu tidak bisa mengatasi.

Mau jadi programmer jangan manja, jangan malas!!!

About the author

ocittwo

Hi i'm Rosid, I always learning every day, and the more I learn, the more I realize how much I donโ€™t know.

View all posts

1 Comment

  • great post mas, paling ampuh ya maen2 di stackoverflow tuh pasti ada yang pernah ngalamin problem seperti problem yang kita alami.

    Jadi inget jaman waktu awal mulai programming ampe pakai keyword khusus buat filtering agar bisa langsung dapat list jawaban dari forum tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *